Karanganyar: Candi Cetho

Medio Desember 2016, sembari menunggu wisuda di bulan Januari 2017, saya mengunjungi candi cetho di Jenawi, pinggang Gunung Lawu, Jawa Tengah. Jarak tempuh Solo-Jenawi sekitar 90 menit dengan mobil. Sehari sebelum nyandi, saya dan seorang kawan menginap dirumah seorang kolega di Surakarta.

Lokasi candi cetho ada di salah satu jalur pendakian Gunung Lawu, membuat sesiapapun yang hendak mendaki gunung mistis tersebut via Jenawi pasti akan bertemu dengan cecandian yang bertema seksualitas ini.

IMG_20161226_102041

View sebenarnya bagus, namun keterbatasan kamera hape membuatnya terlihat biasa. Memasuki area candi cetho, kami membayar retribusi dan fihak pengelola mengharuskan kami memakai kain poleng. Candi ini merupakan candi Hindu. Alat kelamin adalah hal yang diberhalakan dikompleks percandian ini. Beberapa lingga dan yoni dapat dijumpai disini, bahkan ada arca berupa penis tanpa disimbolkan.

IMG_20161226_104030.jpg

Candi cetho masih aktif digunakan sebagai tempat pemujaan. Arca-arca masih disirami kembang setaman dan dipasangi dupa kemenyan. Aura dicecandian ini masih kuat terasa. Entah aura apa, yang pasti kata teman seperjalanan yang mendalami ilmu kebatinan, katanya memang ada makhluk astral terdeteksi keberadaannya diarea ini.

IMG_20161226_104751_1.jpg

Candi cetho ini memang menonjolkan organ intim laki-laki. Dan kain poleng wajib kita pakai jika masuk area cecandian. Suhu udara di kompleks candi cetho sangat sejuk karena berada diketinggian lebih kurang 1500 mdpl. Candi ini dikelilingi oleh perkebunan teh Kemuning.

IMG_20161226_105839.jpg

Sungguh pengalaman yang seru, berada disalah satu lokasi tinggi di pulau Jawa ini. Udara yang sejuk, pemandangan yang bagus, candi dan gunung yang mistis merupakan sajian akhir tahun 2016 yang sempurna.

IMG_20161226_105957.jpg

Tu kan….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s