Visa Schengen

Ketika akan memutuskan untuk traveling keluar negeri, selain tiket, penginapan dan mempersiapkan itinerary, visa adalah persyaratan mutlak untuk diurus, terutama jika akan bepergian ke negara yang bukan anggota ASEAN atau negara yang membebaskan visa bagi pemegang pasport hijau.  Untuk traveling ke negara-negara Eropa yang tergabung kedalam Uni Eropa, maka visa yang akan diurus dikenal juga dengan nama visa Schengen.

Jika kita baca blog-blog orang yang pernah mengurus visa Schengen, maka akan terlihat berbagai macam pengalaman, ada yang menganggap mengurus visa Schengen tersebut mudah dan ada pula yang mempunyai pengalaman berliku ketika mengurusnya. Pengalaman saya dua kali mengurus visa Schengen di Kedubes Jerman di Jakarta, sangatlah lancar. Perlu diperhatikan sebelum menentukan ke negara mana kita akan mengapply visa Schengen, biasanya adalah kenegara pertama yang menjadi tujuan kunjungan kita atau ke negara mana kita akan menghabiskan sebagian besar waktu traveling kita.

Pada kunjungan Eropa saya yang pertama, negara yang pertama saya kunjungi adalah Jerman dan sebagian besar waktu traveling saya akan dihabiskan di beberapa kota di Jerman, maka saya mengapply visa Schengen ke Kedubes Jerman. Adapun persyaratan pengurusan visa Schengen melalui Kedubes Jerman adalah seperti yang terdapat pada laman Kedutaan Besar Jerman (Deutsche Botschaff) Jakarta, tinggal ketik saja di google kata kunci Kedutaan besar Jerman.

Buka website tersebut dan pahamilah, niscaya untuk mengurus visa Schengen melalui Kedubes Jerman tidaklah sulit. Pahami peraturannya dan lengkapilah persyaratan yang diminta. Perlu diingat, untuk mengurus visa Schengen perdana, kita harus datang sendiri ke Kedubes dengan membuat janjian dulu secara online. Kita cukup datang pada saat waktu janjian dengan membawa persyaratan dan juga uang administrasi sekitar 900k rupiah.

Secara garis besar, persyaratan pengurusan visa yang perlu kita persiapkan adalah mengisi formulir yang kita download dilaman kedubes, lalu melengkapi semua persyaratan yang tertera disana seperti pasport, asuransi perjalanan, itinerary, bukti booking tiket dan hotel, surat izin perjalanan dari instansi, bukti gaji atau kartu kredit atau fotokopi buku tabungan 3 bulan terakhir. Ada gosip yang mensyaratkan bahwa minimal jumlah tabungan dalam 3 bulan terakhir adalah 50 juta rupiah. Pada waktu pengurusan visa Schengen saya yang pertama, maka saya bebenar mengisi tabungan 50 juta rupiah dengan meminjam uang sana-sini dari jauh-jauh hari, namun pada kesempatan pengurusan visa kedua, saya pasrah saja dengan jumlah tabungan di bank, Alhamdulillah dua-duanya sukses. Yang perlu diperhatikan adalah persyaratan pas foto. Awalnya sempat waswas, katanya sering juga pemohon disuruh berfoto ulang, namun lagi-lagi alhamdulillah, jika kita melakukan sesuai yang diminta, tidak akan ada pengulangan pas foto tersebut.

Kedubes Jerman di Jakarta sangat mudah untuk dicari, karena tepat berada diseberang Grand Indonesia. Datanglah tepat waktu, dan kita pasti akan dilayani tepat pada waktu yang telah dijanjikan. Selama di Kedubes Jerman, pemeriksaan agak ketat, namun jangan khawatir, petugasnya ramah-ramah kok. Untuk pengurusan visa Schengen perdana, akan dilakukan pengambilan sidik jari, makanya kita sendiri harus datang, namun pada pengurusan visa selanjutnya, bisa kita wakilkan. Visa Schengen akan keluar dua hari setelah kita urus. Jika kita sudah benar mengerjakan semua persyaratan maka visa diapprove dengan mudah oleh negara-negara anggota Uni Eropa.

Pengalaman pribadi saya 2 kali mengurus visa Schengen di Kedubes Jerman di Jakarta sangat lancar.

IMG_20170727_065338

Selamat mengurus visa Schengen dan selamat liburan!

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s