Kuala Lumpur: ICFMS 2017

Pada tanggal 24-25 Oktober 2017, saya mengikuti kongres ICFMS (International Congress on Forensic Medicine and Science) 2017 di National Library of Malaysia di Kuala Lumpur. Ini bukan pertama kali bagi saya menginjakkan kaki di ibukota negeri jiran tersebut, namun nyatanya setiap saya ke KL, saya tetap dibuat takjub dengan Kuala Lumpur. Hanya Air Asia yang menjembatani antara BIM di Padang dengan KLIA2 di Kuala Lumpur, 2x sehari dengan harga tiket promo yang terjangkau. Satu jam diudara, maka sim salabim, dunia menjadi berbeda!

IMG_20171024_065805.jpg

Di KL kami menginap di Vistana hotel didaerah Tun Razak. Walau agak dipinggir kota, namun dekat dengan venue acara dan masih sangat kota lah jika di bandingkan dengan kampung halaman di Indonesia. Dari jendela lantai 15 hotel Vistana, bisa disaksikan secuil pemandangan KL. Venue acara sendiri di Perpustakaan Nasional Malaysia, selain berkongres ria, bisa bebaca apa saja diperpus ya kan.

IMG_20171025_172409.jpg

Salah satu topik kongres ICFMS 2017 adalah tentang bullying. Narasumber berasal dari Malaysia, Korea Selatan dan Srilangka. Sebenarnya topik bullying merupakan isu lintas sektoral, dari bidang kedokteran forensik, penatalaksanaan bullying adalah dari segi medikolegalnya: pengadaan alat bukti surat (Visum et Repertum). Korban bullying dapat berupa korban hidup maupun jenazah. Kasus-kasus bullying yang menyebabkan meninggalnya korban merupakan isu sensitif disebuah negara yang diliput besar-besaran oleh media. Intinya, sebagai dokter kita harus mampu mengenali kasus bullying dipraktek sehari-hari, menatalaksana luka secara medik, memperhatikan aspek psikologik korban dan keluarga serta tidak melupakan aspek hukum medikolegalnya.IMG_20171024_090604.jpg

Pada seminar ICFMS 2017, paper saya diterima untuk presentasi oral. Yah, dengan bahasa Inggris belepotan dan ala kadarnya saya mencoba tampil. Sebenarnya ini kesempatan perdana saya untuk tampil oral di seminar International dan merupakan seminar International kedua yang saya ikuti.

IMG-20171025-WA0035.jpg

Lumayan lah untuk menambah pengalaman, biar ga malu-maluin sebagai Sp.F, ya kan?.

Semoga kedepannya bisa mengikuti kegiatan-kegiatan serupa dinegara-negara berbeda. Amin. Semoga bukan jalan-jalan yang berbungkus seminar ilmiah ya.

IMG_20171025_193706.jpg

Oktober 2017

SEMANGAT!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s