Jejak religi beberapa wali Jawa dan Jejak Langkahku di Pantura: Demak, Jepara,Pati dan Kudus

Awal Desember 2016, saya dan salah seorang saudara menapaki jalur pantura Jawa tengah bagian timur. Perjalanan semi religi ini dimulai dari Semarang menuju Demak, lalu ke Jepara dan bermalam di sebuah penginapan sekitar pantai Kartini dan keesokan harinya memutar Gunung Muria menuju Pati dan berakhir di kota kretek Kudus. Kami touring dengan motormatic, cuma berdua melewati siang dan malam  tanpa rasa takut karena tidak tau medan. Kami singgah sholat Isya di Masjid Demak yang bersejarah ini. Tidak susah mencari masjid ini karena tepat berada dipusat kota santri ini. Terdapat makam-makam yang sepertinya para bangsawan dan kiyai diarea belakang masjid.

Tu kan banyak orang yang dicurigai santri atau peziarah berfoto didepan masjid. Sunan Kalijaga di makamkan di dekat masjid ini. Peziarah dari pelosok Jawa selalu memadati kuburan. Ziarah ke makam orang suci selalu menjadi primadona dihati masyarakat Indonesia, khususnya di Jawa. Setelah menunaikan Isya, kami melanjutkan perjalanan menuju Jepara, sekitar 4 jam dengan motormatic. Dini hari kami mendarat di Jepara, mencari penginapan.

Malam kelam berlalu dengan cepat. Pagi hari nya kami menjambangi pantai Kartini dan mencari info kapal ke Karimun Jawa, malangnya, hari itu tidak ada keberangkatan kapal ke Karimun Jawa. Sebagai pengobatan hati, kami berkeliling Jepara, menuju alun-alun kota, melihat rumah RA Kartini yang terkenal itu dan sarapan soto khas Jeporo.

Hari itu kami menuju sebuah pantai paling Utara pulau Jawa (di utara nya pantai Kartini, sekitar 2 jam pakai motor), menembus hutan-hutan Jawa bagian Utara, melewati makam Syech Sitti Jennar. Kami menuju daerah Banyumanis, sebuah pantai tersembunyi tempat berdirinya benteng Portugis.

Siang hari, motor matic meluncur menuju Pati kota kacang dua kelinci ini. Suasana sumuk mulai merajalela. Disepanjang perjalanan kami menemukan banyak sekali santri dan pesantren. Mungkin semua kota di Pantura Jawa adalah kota santri!.

Kami makan siang di Pati dengan sesuatu makanan khas Pati yang keliatan sederhana, manis dan mahal. Yap, seporsi nasi gandul  khas Pati menyumpal perut yang kelaparan, ditemani segelas es teh melati yang seger.

Diantara Pati dan Kudus kami singgah disebuah museum purbakala yang bernama museum Patiayam. Menyaksikan beberapa kerangka hewan purba dan bekas tinggalan manusia dimasa lalu. Menurut ilmu pengetahuan, bagian yang terlihat seperti punggung pulau Jawa dipeta Jawa tengah terpisah dari daratan Jawa pada jaman dahulu, yang berarti daerah diutara, sekitar Gunung Muria (tempat bersemayamnya Sunan Gunung Muria) tersebut adalah sebuah pulau! Sesampai nya di kota Kudus, kami langsung ke masjid Kudus yang terlihat kuno dengan menara Kudus nya yang terkenal tersebut. Bersemayam didaerah ini Sunan Kudus, salah seorang walisongo juga.

Di Kudus, kami juga sempat berkunjung ke museum kretek dan terkurung hujan lebat selama disana. Pada akhir abad 19 dan awal abad 20, di Kudus berkembang sebuah industri kretek/rokok yang sudah maju.

Akhirnya, saya balik lagi ke Yogyakarta. Sejatinya saya akan naik bus jurusan Pati-Yogyakarta, namun karena semua tiket habis, kami terbirit-birit ke Kudus untuk mencari bus jurusan Kudus-Yogyakarta. Kuasa Tuhan, tiket juga sudah pada sold out. Karena hal tersebut, jejalan mengitari Kudus terjadi. Pada akhirnya, saya menumpang bus jurusan Kudus-Kertapati (Semarang). Dari Kertapati menuju Banyumanik untuk akhirnya naik bus Patas AC jurusan Semarang-Jombor (Yogyakarta).

Desember 2016

Detik-detik terakhir tinggal di tanah Jawa